0822-2330-3737

Halo readers, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep cara membuat kue macaron yang lezat, renyah, mudah dan tentu nya juga menarik untuk dihidangkan. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep kue macaron yang cantik berwarna-warni ini.

Kalian pasti tidak asing lagi kan dengan kue yang satu ini. Ya kue ini dikenal dengan nama macaron. Macaron adalah kue populer berasal dari Perancis yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Selain bentuknya yang unik dan lucu, macaron memiliki Cita rasanya sendiri yang didominasi oleh rasa gurih almond yang berpadu dengan aneka rasa dari isi tersebut, seperti pappermint, vanila, oreo, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, green tea dan lainnya. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalam. Saat dimakan, terasa langsung lumer di mulut.

Dibawah ini penjelasan tentang asal usul kue macaron yang sangat digemari di Indonesia ini.

Sejarah Tentang Macaron

Macaron telah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya pada wilayah Perancis. Banyak orang yang bertanya-tanya dari mana sebenarnya macaron ini. Menurut Larousse Gastronomique kamus kuliner asal Prancis, resep orisinal macaron datang dari Venesia, Italia. Kata Macaron ini sebenarnya berasal dari bahasa Italy, yang berarti bentuk bubuk halus. Tetapi, kepopuleran kue macaron ini justru berawal di Prancis.

Membuat macaron membutuhkan ekstra ketelitian dalam mengikuti resep dan ketepatan saat mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven untuk memanggang. Pembuatan macaron selalu menggunakan almond bubuk dan adonan dipanggang tidak sampai kering. Bentuk kue macaron juga bulat dengan permukaan yang sedikit naik seperti koin tebal.

Pengertian Macaron

Macaron mempunyai rasa yang gurih dengan aroma almond. Macaron memiliki bermacam-macam rasa seperti cokelat, pappermint, vanila, buah buahan bahkan teh hijau dan lainnya yang membuat kue ini terasa istimewa. Bentuknya yang imut bulat dengan warna yang menarik membuat penasaran untuk mencicipinya.

Untuk membuat kue macaron ini diperlukan kesabaran dan ketelitian, Seperti yang kita ketahui bahwa telur merupakan salah satu bahan kue yang hampir selalu digunakan. Namun Kebanyakan yang diambil hanyalah kuning telurnya saja. Berbeda dengan macaron yang menggunakan putih telur untuk bahan utamanya menggantikan kuning telur yang sering digunakan. Putih telur juga memiliki banyak manfaat lho seperti protein alami, rendah kolestrol, putih telur juga baik untuk yang ingin diet bahkan untuk mencerahkan kulit.

Ciri-ciri macaron yang kurang berkualitas yaitu kuenya berongga, bagian luar dan dalam kue terpisah. Karena bagian dalamnya menempel kuat dengan krim dan warna terlalu mencolok, menggantikan pitsstachio dengan almond pada macaron pistachio agak lebih murah, serta menggunakan ekstrak almond, bukan menggunakan almond bubuk. Karakteristik bubuk lainnya adalah macaron tengik yang tetap dijual, ukuran yang terlalu besar atau isinya terlalu sedikit. Macaron yang berkualitas memiliki bagian luar yang renyah, namun bagian dalamnya bertekstur lembut seperti meringue.

Fakta Menarik Tentang Macaron

1. Berasal Dari Itali

Pada pengetahuan umum, macaron dikenal sebagai makanan pencuci mulut yang berasal dari Perancis. Akan tetapi, sejarah mengatakan bahwa kue Macaron awalnya berasal dari Itali yang kemudian dipopulerkan oleh negara Perancis. Kue Macaron pertama kali ada di dunia kuliner pada tahun 1533 oleh para monk Itali.

Dessert ini kemudian diperkenalkan oleh Chef Catherine de Medici istri dari Raja Henri II. Dari sinilah, kue Macaron dikenal sebagai makanan pencuci mulut yang orang mengira berasal dari Perancis. Namun asal usul originalnya adalah berasal dari negara Italia.

2. Berubah di Abad ke-20

Macaron yang pada awalnya hanya sebuah kue kering kemudian mengalami perubahan pada abad ke-20. Kue Macaron yang pada saat ini terlihat berbentuk bulat karena kue Macaron telah dikembangkan seiring berjalannya waktu.

Ide kue Macaron diberikan isi dan dibentuk seperti sebuah sandwich seperti sekarang datang dari Pierre Desfontaines. Karena ide tersebut yang merubah bentuk kue Macaron hingga pada saat ini dan kini kue macaron telah populer di dunia pastry.

3. Tidak Memiliki Isi dan Tidak Berwarna

Hal yang menarik dari Macaron adalah warnanya yang menarik dimata orang dan filling smooth yang menggugah selera. Akan tetapi, Macaron awalnya hanya sebuah kue yang polos dan terbuat dari bahan dasar bubuk almond, telur putih dan gula. Menurut sejarah, kata Macaron berasal dari Bahasa Itali “Maccarone” yang memiliki arti “paste”.

4. Memiliki Hari Nasional di New Work

Masyarakat Amerika terutama di negara New York memiliki antusias yang tinggi terhadap makanan. Salah satu makanan yang paling populer di New York adalah Macaron. Karena terlalu populer,  Macaron memiliki hari nasionalnya sendiri di New York lho. Sejak tahun 2010, the Macaron Day diperingati setiap tanggal 20 Maret.

Hari Nasional ini ada berawal dari Chef Pierre Herme yang berkolaborasi dengan Association Relais Dessert. Kabarnya pada hari tersebut, toko kue manapun di wilayah New York Amerika Serikat, akan membagikan Macaron gratis kepada siapapun orang yang lewat berlalu lalang.

5. Pengucapan “Macaron” yang Benar adalah “Ma-Ka-Ron”

Hayoo ngaku siapa yang di sini mengucap “macaron” dengan cara “mah-ka-run”? Ternyata, cara pengucapannya Macaron yang benar adalah “Ma-Ka-Ron” lho guys. Meski pengucapan yang benar tidak begitu diketahui banyak orang, namun pengucapann “macaron” kini pun diterima oleh masyarakat di seluruh dunia.

Nah sayangnya nih guys, harga macaron ini masih terbilang mahal di pasaran Indonesia. Tapi tenang saja ya readers, jika kalian ingin merasakan lezatnya kue macaron ini kalian bias membuatnya sendiri dirumah dengan bahan yang sederhana saja lho. Mau tahu caranya ? Yuk intip bahan dibawah ini.

1. Resep Cara membuat Kue Macaron

Bahan Membuat Macaron :

  • 120 gr tepung almond
  • 3 butir putih telur
  • 2 sdm gula
  • 200 gr gula icing (gula bubuk)
  • 2 sdm icing sugar (untuk taburan)
  • Pewarna makanan secukupnya (warna bisa sesuai selera)
  • 100 gr cokelat putih, dipotong-potong
  • 2 sdm krim kental
  • 1 1/2 sdt vanila bubuk

Cara Membuat Olesan Macaron :

  1. Siapkan panci berisi air sedikit saja, lalu letakkan mangkuk ditengah panci (air jangan sampai melebihi tingginya mangkuk).
  2. Masukkan cokelat putih dan krim kental kemudian masak menggunakan api kecil, pastikan adonan tersebut sudah tercampur dengan rata.
  3. Kemudian setelah itu angkat dan diamkan hingga kental dan dingin. Bahan olesan pun siap digunakan.

Cara Membuat Kue Macaron Sederhana :

  1. Siapkan sebuah loyang yang sudah diolesi dengan mentega tipis, kemudian tutup dengan kertas roti lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok putih telur dengan mixer roti berkecepatan tinggi hingga lembut kemudian tambahkan gula kastor lalu kocok terus hingga gula larut dan lembut. Lalu matikan mixer, kemudian tambahkan icing sugar dan juga tepung almond, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula.
  3. Selanjutnya, pindahkan adonan kue kedalam sebuah mangkuk yang lebih kecil. Jika kamu menginginkan beberapa warna yang berbeda pada kue macaron, maka adonan dapat dibagi didalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang ingin dibuat.
  4. Tuangkan pewarna makanan yang telah disiapkan sesuai selera kedalam adonan di masing-masing mangkuk, kemudian aduk rata.
  5. Kemudian masukan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang.
  6. Bentuklah bulatan-bulatan yang sama, jangan lupa berikan jarak sekitar 2 cm antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel.
  7. Selanjutnya taburkan icing sugar di atas adonan, lalu diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.
  8. Lalu panggang adonan kue ke dalam oven atau oven gas dengan suhu 150 derajat Celsius kurang lebih selama 20 menit atau sampai matang. Lalu angkat, kemudian dinginkan kue macaron.
  9. Yang terakhir oleskan satu bagian kue macaron dengan bahan olesan yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tutup kue macaron yang memiliki warna sama. Bentuk hingga menyerupai burger.
  10. Sajikan macaron bersama kopi atau teh untuk camilan di sore hari.

cara-membuat-kue-macaron-oreo

2. Resep Cara Membuat Kue Macaron Oreo Coffe

Bahan Membuat Macaron Oreo Coffe :

  • 100 gram putih telur
  • 270 gram almon bubuk
  • 270 gram gula tepung
  • 1 sendok teh kopi instan
  • 100 gram putih telur
  • 270 gram gula pasir
  • 60 gram air
  • 1/4 sendok teh pasta kopi
  • 2 keping oreo tanpa krim, haluskan

Cara Membuat Isi Macaroon Oreo Coffe:

  • 50 gram mentega tawar dingin
  • 100 gram cream cheese
  • 100 gram white cooking chocolate leleh
  • 5 keping oreo tanpa krim, cincang kasar

Cara Membuat Kue Macaron Oreo Coffe :

  1. Tahap awal untuk resep kue macaron coffee spesial adalah campur almon bubuk, gula tepung, dan kopi instan. Ayak hingga tercampur rata. Tambahkan putih telur. Aduk hingga tercampur rata.Untuk menghasilkan adonan yang maksimal anda bisa menggunakan mixer roti atau mesin pembuat roti dan kemudian sisihkan.
  2. Dan campur air, gula pasir, dan pasta kopi. Masak tanpa diaduk hingga posisi termometer soft ball  (260 derajat Fahrenheit/116 derajat Celsius).
  3. Dan kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga setengah mengembang.
  4. Tuangkan sirup gula panas sedikit ke dalam kocokan putih telur. Sambil dikocok hingga mengeras dan bowl tidak panas lagi.
  5. Lalu semprot di atas loyang yang dialas silipat atau kertas roti. Tabur oreo. Tepuk-tepukan pada bagian bawah loyang guna untuk menghilangkan gelembung udara di adonan. Diamkan kurang lebih selama 3-5 jam hingga kulitnya mengering.
  6. Dan oven dengan api bawah 150 derajat Celsius 15 menit hingga matang.kemudian isi, kocok mentega tawar dan cream cheese hingga lembut.
  7. Tambahkan cokelat leleh. Kocok rata. Masukkan oreo. Aduk menyebar.
  8. Dan semprot di atas macarons. Tumpuk dengan macarons lain.
  9. Macaron Oreo Coffe siap dinikmati bersama.

cara-membuat kue-macaron-red-velvet

3. Resep Cara Membuat Kue Macaron Red Velved

Bahan Utama Membuat Macaron Red Velved :

  • 35 gram almond bubuk
  • 65 gram gula bubuk
  • 1/2 sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm susu krim kental

Bahan Kedua Membuat Macaron Red Velved :

  • 35 gram putih telur
  • 200 gram gula icing
  • 2 sdm gula icing (untuk taburan)
  • Garam secukupnya
  • 6 tetes pewarna makanan merah cabai

Cara Membuat Kue Macaron Red Velved :

  1. Campur semua bahan pertama, kemudian ayak dan sisihkan.
  2. Bahan Kedua : kocok putih telur dan garam hingga berbusa lalu masukkan gula bertahap 3 kali, kocok hingga kental.
  3. Kemudian masukkan pewarna makanan dan kocok adonan hingga mengembang.
  4. Masukkan bertahap 3 kali bahan A ke dalam bahan B aduk dengan spatula hingga rata.
  5. selanjutnya masukkan adonan ke dalam plastik segitiga lalu cetak di atas loyang yang dialasi kertas roti hingga adonan habis.
  6. Diamkan adonan sekitar 30 menit atau hingga permukaan tidak lengket.
  7. Panggang api atas bawah 140 derajat Celcius selama 20 menit.
  8. Angkat dan dinginkan kemudian beri isian sesuai selera.
  9. Macaron Red Velved siap dihidangkan.

Cara Membuat Kue Macaron Pappermint

4. Resep Cara Membuat Kue Macaron Pappermint

Bahan Membuat Macaron Pappermint :

  • 2 sdm bubuk peppermint
  • 100 gram almond bubuk
  • 50 gram gula kastor
  • 100 gram gula halus
  • 70 gram putih telur
  • 1 sdt perasan jeruk nipis

Cara Membuat Krim Isian Macaron :

  • 50 gram cokelat blok
  • 50 gram krim segar cair

Cara Membuat Kue Macaron Pappermint :

  1. Campur almond bubuk dengan gula halus, pada proses chopper lakukan hingga halus, kemudian tambahkan bubuk peppermint grinder sebentar dan ayak.
  2. Selanjutnya campur dengan mixser berkecepatan tinggi hingga putih telur mengental.
  3. Kocok terus hingga benar-benar kaku atau warnanya putih mengkilap
  4. Masukkan campuran gula halus, almond bubuk dalam adonan putih telur dalam 2-3 tahap.
  5. Aduk searah menggunakan whisk hingga rata. Bila adonan telah menggumpal, hentikan proses pengadukan.
  6. Panaskan oven suhu 150 derajat. Alasi loyang dengan kertas roti anti lengket.
  7. Masukkan adonan ke kantong plastik segitiga, gunting ujungnya 2 centimeter.
  8. Cetak adonan di atas loyang, bentuk bulat atau sesuai selera.
  9. Hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara dari dalam adonan. Diamkan adonan 60 menit. Sampai kering, disentuh tidak lengket.
  10. Panggang dalam oven suhu 150 derajat selama sekitar 15 menit. Sampai kering, angkat, dinginkan. Lepaskan dari kertas alasnya.
  11. Untuk membuat olesan: lelehkan cokelat blok dengan cara ditim, setelah meleleh campur bersama krim segar cair dan kocok sampai rata.
  12. Selanjutnya oleskan krim pada macaron dan tutup kembali dengan macaron lainnya.
  13. Macaron Pappermint siap disajikan.

kue-macaron-watermelon

5. Resep Cara Membuat Kue Macaron Watermelon 

Bahan Membuat Watermelon Macaron :

  • 100 gr bubuk almond
  • 100 gr gula halus
  • 50 gr gula caster
  • 70 ml putih telur
  • 1/2 sdt ltim
  • Pewarna makanan merah dan hijau
  • Sedikit biji wijen hitam untuk taburan

Cara Membuat Kue Macaron Watermelon :

  1. Saring tepung almond hingga 2 kali agar tepung halus.
  2. Campurkan tepung almond dengan gula halus yang sudah disaring, kemudian sisihkan.
  3. Kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan krim dan gula caster secara bertahap hingga adonan kaku.
  4. Selanjutnya masukkan tepung almond dan gula halus yang sudah diayak, tambahkan ke adonan putih telur secara bertahap dan aduk dengan spatulla hingga rata.
  5. Kemudian bagi adonan menjadi 2, lalu beri masing-masing adonan beberapa tetes pewarna hijau dan merah, aduk rata dan masukkan ke plastik segitiga.
  6. Cetak macaroon yang telah dimasukkan plastik segitiga di atas loyang dan beri jarak.
  7. Ketuk 2 kali loyang agar mengeluarkan gelembung udara, bisa dirapikan dengan tusuk gigi juga, beri taburan sedikit biji wijen hitam untuk macaron warna merah.
  8. Diamkan adonan macaron selama 1 jam hingga permukaan macaron kering dan tidak lengket di tangan.
  9. Panggang suhu 150 derajat, api atas bawah 15 menit.
  10. Tunggu uap panas hilang, dan angkat dari loyang
  11. Isi dengan krim cokelat putih.

Keterangan :

  • Gula kastor atau caster sugar adalah jenis gula halus yang memiliki tekstur lembut.
  • Gula icing adalah gula halus yang disediakan khusus dengan zat anti kepal agar tidak mudah menggumpal.
  • Tepung almond atau almond meal adalah tepung khusus yang dibuat dari bahan kacang almond.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat kue macaron sendiri di rumah. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep kue macaron sederhana di rumah sendiri. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya, Byebye!

× Whatsapp Kami!