0822-2330-3737

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue rumahan yang enak dan mudah tentunya. Kue juga makanan yang wajib ada pada saat kita bersantai maupun berkumpul bersama sanak saudara. Terutama pada saat ada Hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri maupun hari Besar yang lainnya dan sahabat juga bisa mengembangkan bisnis kue tersebut. Dan Kami sudah merangkum beberapa kue yang wajib ada pada saat kita bekumpul maupun di hari besar lainnya.

Sebelum kita ke pembahasan dan cara membuat kue. Yuk, kita cari tahu dulu asal-usul kue tersebut.

Asal-Usul Kue

Kue ialah kue atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Kue seperti yang kita tahu biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue apa bila diartikan bahasa indonesia diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Kue tradisional sering dijumpai di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

Asal Usul panganan ini dari adanya dari Bahasa Hokkian, sesudah ini akan menggambarkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti kue bakpia. Sudahkah sahabat mengetahui pasti bahwa kue basah ialah kue tradisional Indonesia? ya benar kue berasal dari indonesia, sementara beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Pada dasarnya kue juga biasa digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi kini dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi berbagai rupa.Kue ringan berbahankan adonan tepung, biasanya dari tepung terigu atau tepung beras, termasuk untuk menyebut kue basah, kue kering, kue pastri (bahasa Inggris: pastry), dan kue bolu (bahasa Inggris: cake).

Kue bisa dimasak menggunakan metode kukus, dipanggang, atau digoreng. Kue di Indonesia bisa dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering.

Dan berikut keuntungan jika sahabat bisa membuat kue yang enak

Keuntungan Dari Berbisnis Kue

1. Modal yang Dibutuhkan Kecil

Jika sahabat memulai sebuah bisnis, pasti akan dihadapkan berapa modal yang harus dikeluarkan. Apa bila jika usaha sahabat mengharuskan sahabat untuk mengeluarkan modal yang cukup besar untuk memulai. Tentu ini akan menjadi kendala sebelum berbisnis.

Tetapi, dalam bisnis kue seperti ini, Anda bisa memulainya hanya dengan modal yang sedikit. Karena, Sahabat ingin  membeli bahan baku kue yang harganya terjangkau, tapi juga memiliki kelayakan untuk dijual.

2. Jika Butuh Investasi, Tidaklah Besar

Keuntungan yang bisa sahabat dapat dari bisnis kue adalah Anda tidak membutuhkan investasi yang besar untuk mendukung kesuksesan bisnis tersebut. Karena, bisnis ini, Sahabat membutuhkan peralatan memasak atau pemanggang seperti oven.

Tunggu, umumnya peralatan seperti ini sudah dimiliki ibu rumah tangga untuk melakukan kegiatan memasaknya sehari-hari. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu repot-repot membeli peralatan memasak yang sudah Anda miliki lagi.

Namun, jika ternyata ada beberapa peralatan yang belum Anda miliki, belilah peralatan-peralatan tersebut.

3. Membuat Kue Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Sahabat jika mau membuka bisnis kue, tetapi merasa kurang pandai dan kurang berbakat dalam membuat kue. Jangan khawatir. Karena sahabat pasti bisa belajar dan bereksperimen terlebih dahulu hingga merasa kue tersebut layak dikonsumsi.

Coba saja mebuat resep kue yang mudah dibuat dan banyak peminatnya. Sahabat bisa mencoba dengan melihat buku resep atau bisa membaca kumpulan resep dari internet. Selain itu, jika Anda masih merasa kurang ilmu dalam memasak atau membuat kue, jangan takut untuk mencoba belajar melalui kursus memasak.

4. Target konsumennya luas

Bisnis kue ini sangat menjanjikan karena banyak konsumen yang suka kue. Sahabat bisa mencoba bisnis Anda dengan menjual kue-kue buatan secara luas semisal di acara-acara kecil ataupun besar.

Contohnya saja, pesta ulang tahun, arisan, atau acara-acara besar perusahaan. Tidak cuma itu ya sahabat, sahabat juga bisa menjadikan anak sekolah atau pekerja kantoran sebagai target konsumen Anda.

5. Kerugiannya minim

Keuntungan lain dalam berbisnis kue adalah minimnya kerugian yang akan didapatkan, terutama jika Ada menjual kue kering. Sebab, kue ini memiliki ketahanan kualitas dan tidak mudah basi hingga beberapa hari.

Lain halnya di bisnis kue basah yang tentu memiliki risiko kerugian lebih besar karena lebih mudah basi jika belum terjual cepat. Nah, keuntungannya berbisnis kue jika kue jualan tersebut tidak habis, Anda dan keluarga bisa menikmatinya tanpa merasa rugi.

Nah itu dia Keuntungan jika sahabat bisa mengembaangkan bisnis kue. Dan mari kita cari tahu bagaimana sih resep dan cara membuat kue yang enak itu.

 Lapis legit

kue lapis legit

Kue tradisional ini bisa sahabat buat kok dirumah dengan cara yang mudah pastinya, dan tentunya juga bisa untuk peluang usaha ya sahabat. Berikut adalah cara untuk membuat kue lapis legit yang enak dan mudah

Resep Cara Membuat Kue Lapis Legit

  • 60 gram tepung terigu
  • 30 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 300 gram gula pasir halus
  • 30 gram tepung maizena
  • bumbu spekuk secukupnya
  • cake emulsifier secukupnya
  • 400 gram mentega
  • 20 gram susu bubuk

Cara Membuat Kue Lapis Legit

  1. Masukkanlah 30 butir kuning telur, gula pasir halus dan putih telur. Kocok hingga semua tercampur sempurna dan lembut.
  2. Masukkanlah satu sendok kecil cake emulsifier, lalu kocok lagi sampai benar benar mengembang.
  3. Masukkanlah tepung terigu yang sudah diayak tadi, susu bubuk, bumbu spekuk satu sendok kecil dan tepung maizena. Aduk sampai semua bahan tercampur sempurna menggunakan spatula atau alat lain.
  4. Masukkanlah mentega yang sudah dikocok sebelumnya. Cara memasukkannya jangan dimasukkan sekaligus, ambil sepertiga bagian, lalu aduk aduk sampai tercampur sempurna.
  5. Ulangi hingga kocokan menteganya tadi habis dan tercampur sempurna dengan adonan lain dan tidak ada gumpalan di adonannya.
  6. Panaskanlah oven dan tunggu hingga benar-benar panas sebelum memasukkan loyangnya.
  7. Siapkanlah loyang yang akan dipakai dan beri kertas roti di bagian bawahnya. Olesi loyang dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  8. Tuanglah sedikit adonan (sekitar 50-60 gram) untuk lapisan pertamanya lalu ratakan.
  9. Masukkanlah adonan kue ke dalam oven yang sudah panas dan panggang dengan api bawah hingga berwarna agak kecokelatan.
  10. Sesudah itu, letkkan adonan lagi di atas loyangnya, lalu masukkan dan panggang dengan api atas hingga berwarna kecokelatan.
  11. Masukkanlah lagi adonan (kurang lebih sebanyak adonan pertama dan kedua). Lalu pencet sedikit supaya rata dengan penekan khusus, bisa juga memakai bawah loyang yang ukurannya lebih kecil (olesi terlebih dahulu dengan mentega atau butter bagian bawah penekannya supaya tidak lengket).
  12. Pangganglah lagi dengan api atas sampai berwarna agak kecokelatan sekitar lima menit.
  13. Ulangi lagi sampai semua adonan habis.
  14. Yang terakhir panggang, kurang lebih selama 15 menit hingga kue lapis legitnya benar benar matang.

 Kue cucur

kue cucur

Kue yang satu ini adalah kue yang sangat sering di jumpai di pasaran tetapi dari pada sahabat membeli, lebih baik sahabat membatnya sendiri di rumah ya tentunya dengan cara yaang mudah. Dan berikut resep dan cara membuatnya.

Resep Cara Membuat Kue Cucur

  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • sejumput garam

Cara Membuat Kue Cucur

  1. Masak air hingga panas dengan gula pasir dan gula merah sambil diaduk rata, lalu dinginkan.
  2. Campurlah tepung terigu, tepung beras, dan bubuk kayu manis.
  3. Tambahkan garam secukupnya dan larutan gula merah ke dalam adonan, lalu aduk hingga rata. Diamkan selama sejam.
  4. Goreng adonan tersebut dalam wajan cekung dengan api kecil sambil disiram-siram dengan minyak. Saat menggoreng tidak perlu dibalik.
  5. Angkat, tiriskan dan siap dinikmati.

Nastar wafer

nastar isi wafer

Kue yang satu ini sangat enak untuk camilan untuk bersantai dan juga berkumpul bersama keluarga, dan kue ini jugaa sangat cocok pada suguhan kue hari raya dan bisa menjadi kue peluang usaha pastinya. Dan berikut resep dan cara membuat kue nasta wafer.

Resep Cara Membuat Kue Nastar wafer

Bahan Kering :
  • 500 gr tepung terigu
  • Vanili
  • 1 sachet susu dancow putih
  • Bahan kocok:
  • 1/2 gelas gula pasir (diblender)
  • 2 butir kuning telur
  • 450 gr mentega
  • 1 sdm butter
Isian :
  • Secukupnya wafer
  • Bahan oles:
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm mentega cair (minyak goreng)
  • Secukupnya wijen untuk diatasnya

Cara Membuat Kue Nastar wafer

  1. Mixer bahan tersebut dan kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur merata,
  2. Sesudah adonan kekocok rata, masukkan bahan kering sedikit demi sedikit hingga habis, sambil diuleni hingga terlihat kalis. Setelah adonan kalis, masukkan adonan kedalam kulkas kurleb 10 menit (boleh langsung digunakan, atau istirahatkan dulu di kulkas).
  3. Sesudah adonan dikeluarkan dari kulkas, diamkan sejenak, hingga kembali kedalam suhu ruang, lalu ambil beberapa adonan, pipihkan adonan, lalu letakkan ditengah-tengahnya wafer coklat, gulung wafer dengan adonan tersebut, lalu potong-potong adonan sesuai selera
  4. Panaskanlah oven terlebih dahulu (bisa pakai oven tangkring kompor, kira-kira saja sekitar 10 menit, gunakan api yang sangat kecil)
  5. Sambil menunggu oven panas, susun nastar yang sudah dipotong-potong kedalam loyang (jangan lupa diolesi mentega) lalu olesi nastar dengan kuning telur, lalu beri wijen diatasnya. Setelah oven panas, masukkan nastar kedalam oven. Panggang kurleb 20-25 menit, harus selalu dicek ya.

Bagaimana sahabat? Tertarik kan untuk membuat kue-kue ini? adanya kue ini di momen spesial anda bisa menjadi pelengkap kebahagiaan yang anda rasakan. Dan sahabat juga bisa membuat kue ini untuk di jual. Jika sahabat tidak memiliki mixer dan susah dalam membuat adonan sahabat bisa memesannya dahulu karena mixer sangat penting dalam memubuat adonan.

Nah, Saya kira cukup sekian dulu ya sahabat untuk penjelasan mengenai cara membuat kue rumahannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya ya guys, eitts, tunggu dulu bagi anda yang ingin mengetahui lebih seputar tentang cara membuat mayonaise anda dapat mengunjunginya pada artikel kami yang sebelumnya, Terimakasih 🙂

 

 

× Whatsapp Kami!