(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

cara membuat roti bakar – Hay apa kabar sobat? Bertemu lagi dengen saya. Kali ini saya akan membahas bagaimana sich cara membuat roti bakar sendiri tanpa harus membeli, kalau bisa malah kita yang jualan roti bakar, hehehe. Sebelumnya sobat udah tahu belum sejarah roti bakar (toasted bread) awalnya bukan karena sengaja dibuat, melainkan dari roti sisa yang sudah tidak segar lagi. Di zaman Roma Kuno, mereka tahu bahwa roti sisa akan jadi lebih enak bila dibakar terlebih dahulu. Itu sebabnya dinamakan roti bakar (toasted bread).

Toast diambil dari kata tostum’ dalam bahasa latin yang berarti scorching atau burning. Karena rasanya yang enak, orang sering memanggang roti sekalipun rotinya masih segar. Itulah asal mula roti bakar yang sering kita konsumsi sebagai sarapan pagi.

Roti bakar adalah salah satu menu yang biasa kita pesen ketika kita lagi diet sobat atau bisa juga ketika kita sedang sarapan pagi untuk menggantikan nasi. Roti bakar merupakan salah satu cemilan yang sangatt peraktis dan murah, patas saja sering banget anak muda yang memesan roti bakar ketika nongkrong. Mulai sekarang banyak sekali jajanan roti bakar yang beraneka rasa yang sangat menggoda selera, ada bluberry, strowberry, pisang, keju, coklat, susu dan lain lain.

Bahaya Roti Bakar bagi Kesehatan Tubuh

Belum melihat langsung penampakan dari roti bakar, mendengar atau membayangkannya saja pasti sudah membuat kita tergiur bukan? Roti bakar memang paling kerap dijadikan sebagai menu sarapan kebanyakan orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain nasi, roti bakar adalah sumber karbohidrat yang penting bagi tubuh dan lebih dari itu, pembuatannya sangat praktis.

Roti bisa Anda bakar dengan memanggangnya di atas teflon yang setelah itu diberi mentega atau selai kesukaan Anda. Kebiasaan seperti ini memang menyenangkan karena membuatnya tak perlu waktu lama dan super instan. Hanya saja, benarkah roti bakar itu aman dan tak ada bahaya yang mengancam pengonsumsinya?

Penting untuk diketahui kali ini bahwa kebiasaan mengonsumsi roti bakar yang juga dianggap sebagai makanan gosong bisa berbahaya bagi tubuh. Ada bahan-bahan kimia yang bisa mengancam kesehatan tubuh dari roti yang sudah dibakar dan dalam kondisi gosong tersebut. Lalu, apa kira-kira yang menjadi bahaya mengonsumsi roti bakar terlalu sering?

1. Meracuni Tubuh

Dibalik dari tampilan roti bakar yang super menggiurkan karena agak kegosongan ditambah juga dengan tambahan bahan favorit Anda lainnya, ada bahan-bahan kimia yang diragukan baik bagi tubuh. Acrylamide adalah kandungan yang ada pada roti bakar di mana juga paling kerap juga dijumpai pada makanan olahan yang sudah melalui proses memasak dalam suhu tinggi.

Tak hanya pada makanan olahan tersebut, acrylamide juga kerap ada pada kopi instan sehingga memang Anda perlu mewaspadai akan kandungan ini karena bisa menyebabkan keracunan makanan. Ada banyak orang yang lebih suka ketika roti bakar dibuat sampai agak hangus atau warnanya benar-benar kecoklatan. Kandungan acrylamide ada pada warna pekat coklat di bagian roti tersebut.

Diungkapkan oleh Dr. Brent yang merupakan seorang kepala peneliti dari Food Standards Australia and New Zealand bahwa acrylamide adalah zat yang diproduksi dari adanya proses pemanasan antara asam amino dengan glukosa tertentu. Roti bakar adalah salah satu contoh pemanasan tersebut dan bahan kimia ini sanggup mengganggu kesehatan tubuh dan bahkan membahayakannya.

Dinyatakan pula bahwa ada peningkatan akan acrylamide yang terjadi ketika suhu memasak atau pengolahan dinaikkan alias meninggi. Suhu tinggi ditambah proses memasak yang lama bisa menjadi pemicu tingginya kadar acrylamide pada suatu olahan makanan. Meski kandungan acrylamide pada roti bakar masih jauh lebih sedikit ketimbang acrylamide pada kentang goreng dan keripik, tetap saja perlu dibatasi konsumsinya.

Penting juga untuk tahu bahwa acrylamide ini adalah zat yang kerap dipakai pada sejumlah proses industri. Ini bisa menjadi racun bagi tubuh manusia dan juga hewan, terutama pada sistem sarafnya ketika paparan terlalu tinggi. Hanya saja, acrylamide yang terdapat di makanan secara umum sebetulnya memiliki tingkat yang berbeda dan lebih rendah dari yang biasa dipakai pada industri.

2. Memicu Kanker

Bahaya makanan yang dibakar salah satunya adalah karena di dalamnya juga pasti ada PAHs alias polycylic aromatic hydrocarbons. PAHs ini biasanya banyak dijumpai pada polutan udara dan karsinogen adalah salah satu jenis dari PAHs tersebut. Sampai di sini pun Anda sudah pasti tahu apa karsinogen itu.

Karsinogen dikenal sebagai sebuah zat berbahaya yang bisa memicu kanker pada tubuh manusia. Zat karsinogen sebagai penyebab kanker diketahui memiliki kemampuan dalam mengubah DNA atau asam deoksiribonukleat pada sel-sel tubuh. Proses inilah yang diketahui mampu menjadi pengganggu bagi proses biologis pada tubuh manusia.

Jenis PAHs yang terkenal lainnya adalah benzopyrene di mana biasa kita jumpai pada tar batu bara dan juga asap rokok. Produksi zat tersebut bisa terjadi saat proses pembakaran bahan organik tidak sempurna dan kalau masuk ke tubuh manusia, maka akan merusak DNA. Kerusakan DNA ini mampu menjadi pemicu kanker nantinya.

Itulah mengapa roti bakar tidak disarankan untuk dibakar atau dipanggang terlalu lama. Kebiasaan menikmati roti bakar yang sampai coklat atau hangus juga sebaiknya mulai dihentikan. Kalau memang telanjur membakarnya terlalu lama, bagian roti yang terlalu coklat atau hitam bisa dibuang saja ketimbang tetap dimakan.

Kalau sudah telanjur memiliki kebiasaan dalam mengonsumsi makanan olahan yang warnanya selalu hangus atau super kecoklatan, pastikan Anda setelah itu banyak-banyak minum air putih. Konsumsi juga smoothies khusus untuk mendetoksifikasi tubuh agar racun-racun yang bersarang di dalam tubuh dapat dikeluarkan. Sering-seringlah juga berolahraga supaya racun dapat dibuang melalui keringat tapi hindari juga bahaya olahraga yang berlebihan.

tidak usah takut

Jika ingin terhindari dari kanker, ikuti tips diet sehat supaya pola hidup dan pola makan tetap teratur dan baik. Kalaupun ingin menyantap roti bakar, pastikan roti dipanggang hanya sampai warnanya berubah kekuningan dan bukan kecoklatan. Bahkan hindari pemakaian mentega atau butter; sesudah dipanggang itulah baru Anda bisa oles unsalted butter sedikit. Barulah setelah

Karena bisa memicu kanker dan membuat tubuh terkena racun, sebaiknya mulai dari sekarang Anda memerhatikan asupan makanan sehari-hari. Makan roti bakar itu sah-sah saja, tapi janganlah terlalu sering. Kalaupun memanggang, hindari warna kecoklatan dan lebih baik sampai warna kekuningan saja.

ini di sobat yang kalian tunggu tunggu Cara membuat roti bakar yang simpel dan tidak membuang waktu

  1. Cara Membuat Roti Bakar Ala Cafe

    Resep dan Cara Membuat Roti Bakar Ala Cafe

Roti bakar ala cafe ini bisa sobat buat dirumah bersama keluarga, tanpa harus pergi ke restoran atau cafe cuma untuk menikmati roti bakar ini

Bahan

  • Sari roti
  • Blue band
  • Susu
  • Choco meses
  • Keju
  • Telur

 

Cara membuat roti bakar ala cafe

  1. Olesi roti dengan blue band
  2. Parutjan keju dan tambahkna choco meses
  3. Tambahkan roti di atasnya lalu panggang
  4. Angkat lalu tuangkan telur kocok di atasnya
  5. Habis itu panggang lagi. Sampai matang
  6. Jika sudah matang taburi meses , susu dan parutan keju
  7. Roti siap dimakan

 

  1. Cara Membuat Roti Bakar Coklat Keju Spesial

    Cara Membuat Roti Bakar Coklat Keju Spesial

Biasanya sobat makan roti bakar coklat keju ini harus pergi ke penjual roti bakar yang ada di pinggir jalan atau di cafe. tapi dengan bikin sendiri sobat tidak harus pergi-jauh jauh untuk menyatap makanan ringan ini, cukup dengan membuat roti bakar sendiri pasti anda akan ketagihan untuk membuat dirumah terus

Bahan

  • 10 lembar roti tawar
  • coklat meses secukupnya
  • keju cheddar parut secukupnya
  • susu kental manis putih atau coklat secukupnya
  • margarine secukupnya

 

Cara membuat roti bakar coklat keju spesial

  1. Ambil roti tawar lalu dioles dengan margarine pada masing-masing bagian
  2. Olesi juga pemanggang roti dengan sedikit margarine
  3. Lalu letakkan roti satu persatu diatas pemanggang yang sudah dioles margarine
  4. Taburi roti tawar yang dipanggang dengan coklat meses dan keju parut
  5. Tambahkan susu kental manis secukupnya
  6. Tutup bagian atasnya dengan roti tawar yang lain
  7. Panggang terus roti sampai berwarna kuning keemasan
  8. Lakukan dengan cara yang sama untuk roti tawar lainnya sampai selesai proses pemanggangan
  9. Roti bakar coklat keju siap untuk disajikan

  1. Roti Panggang Sosis Mozza Barbeque Toast

    Roti Panggang Sosis Mozza Barbeque Toast

Ngemil disore hari enaknya makan roti bakar. simple ga ribet, roti ini cocok buat bekal keluarga untuk kerja atau yang sedang sekolah, karena simpel pembuatannya

Bahan

  • 2 lembar roti tawar
  • Sosis Ayam 2 pc
  • Keju Slice (me: kraft single)
  • Keju Mozzarella (me: kraft quickmelt)
  • Margarin Secukupnya (me: blueband)
  • Saus Barbeque Secukupnya (me: Delmonte)

 

Cara membuat  Roti Panggang Sosis Mozza Barbeque Toast

  1. Potong sosis ayam, belah memanjang
  2. Oleskan roti dan sosis dengan margarin secukupnya
  3. Tata roti, keju slice dan sosis.
  4. Berikan saus barbeque diatas potongan sosis secukupnya hingga merata.
  5. Parut Keju Mozzarella diatas keju slice dan sosis yang sudah di tata.
  6. Lipat roti hingga berbentuk segitiga, agar tidak terbuka saat di panggang gunakan tusuk gigi untuk merapatkannya
  7. Oleskan margarin diatas lipatan roti.
  8. Panggang roti 10-15 menit hingga keju meleleh.
  9. Angkat roti dan siap disajikan

 

 

  1. Roti bakar / panggang telur brokoli

    Roti panggang telur brokoli

untuk makanan yang jangan diragukan lagi nutrisinya, kare kandungan roti yang kaya akan karbohidrat juga di tambah dengan telur juga brokoli yang kaya dengan nutrisinya

Bahan

  • 4 buah roti dibikin bulatan
  • telur 2 butir
  • 1 batang brokoli
  • udang 15  biji
  • 1/2 royko
  • Keju

 

Cara membuatnya roti bakar / panggang telur brokoli

  1. Kocok telur putihnya saja dengan royko, pisahkan dengan kuningnya.
  2. Masukan ke dalam bulatan roti,masukan kuningnya
  3. Rebus brokoli dan udang, jika sudah setengah matang taruh dalam bulatan roti campurkan saja semuanya
  4. Parut keju ditaburkan
  5. Open 20 menit

 

  1. Roti Panggang Sandwich

    roti bakar sandwich

Enak ya.. makan sandwich sambil nonton tv atau santai dirumah bersama keluarga tau sang  kekasih. biaya untuk bikin sendiripun tidak banyak beda kalo kita beli diluar cukup merogoh kantong yang dalam

Bahan

  • tomat 1 buah (iris tipis)
  • 5 lembar selada
  • 4 lembar roti tawar
  • 3 buah telur
  • gula pasir secukupnya
  • 100 gr mentega

Cara membuatnya roti bakar atau panggang sandwich

  1. Kocok lepas 1 telur dan gula dalam wadah. Kemudian panaskan teflon yang telah di olesi mentega.
  2. Celupkan roti tawar pada telur. Kemudian panggang di teflon hingga kecoklatan. *Sesuai selera
  3. Setelah semua roti terpanggang, buat telur ceplok untuk isi nya nanti.
  4. Setelah itu susun deh roti, telur ceplok, selada, tomat, roti lagi. Kemudian siap dihidangkan.

  1. Resep Roti Bakar Kornet Keju

    Resep Roti Bakar Kornet Keju

Cemilan yang satu ini bikin kita cepat kenyang sobat karena ada kornt di dalamnya dan cocok buat sobat yang ingi diet makanlah roti ini

Bahan

  • 4 lembar roti tawar
  • 200 gram kornet sapi
  •  bawang putih 1 siung, cincang halus
  • 1/4 siung bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  •  telur 1 butir kocok lepas, tambahkan garam dan merica
  • 3 sdm keju cheddar

Cara membuat roti bakar kornet keju

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan kornet aduk rata, angkat sisihkan.
  2. Siapkan 1 lembar roti tawar, oleskan dengan kornet yang sudah dimasak tadi tambahkan parutan keju.
  3. Tutup dengan lembar roti tawar lainnya, sebelum dibakar olesi permukaaan roti tawar dengan kocokan telur sampai rata.
  4. Panaskan pan anti lengket, olesi sdikit saja dengan margarin, bakar rotinya.

 

7. Roti Bakar Pizza Teflon

roti bakar sandwich

pasti enak roti pizza ini, cocok untuk sobat yang suka makan pizza

Bahan

  • 4 lembar roti tawar manis
  •  sosis 2 buah, potong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang
  • Keju mozarella secukupnya
  • Saus bolognaise secukupnya
  • Bubuk oregano secukupnya

 

Cara membuatn roti bakar pizza teflon

  1. Tumis sosis dan bawang bombay dengan sedikit margarin/butter/minyak.
  2. Oles roti dengan saos bolognaise, tata sosis dan bawang.bombay, beri parutan keju mozzarella.
  3. Taburi sdikit oregano dan panggang di teflon sampai keju leleh, angkat dan siap disantap.
  4. Taburi sedikit oregano dan panggang di teflon sampai keju leleh, angkat dan siap disantap.
  1. Roti bakar pisang coklat

roti bakar coklat

roti bakar ini sangat praktis pembuatanya sobat, dan cocok juga untuk bekal keluarga

Bahan

  • 4 roti tawar
  • secukupnya margarin blue band
  • secukupnya meses
  • susu cair coklat
  • 1 buah pisang sunpride yg matang, potong- potong

 

Cara membuat roti bakar coklat

  1. Oles margarin k roti, tabur meses dikit, tata pisang, lipat
  2. Oles margarin dikit d sisi luar roti, bakar d atas teflon sebentar dgn api kecil
  3. angakt dan kasih susu cair
  4. siap dihidangkan.. selesai

 

  1. Roti Bakar isi Sosis

roti bakar sosis

Cocok nih buat sarapan pagi, makan di kantor sambil mengganjal isi perut yang kosong karena keburu berangkat kerja karena kesiangan

Bahan

  • 3 lbr Roti tawar
  • 3 buah sosis sapi/ayam
  • Secukupnya margarin
  • daun selada Secukupnya
  • Secukupnya saus tomat & saus sambal

Cara membuat Roti Bakar isi Sosis

  1. Panaskan teflon, masukkan 1 sdm margarin, goreng sosis hingga berkulit. Angkat.
  2. Masukkan Margarin, biarkan leleh, masukkan roti tawar, bolak balik hingga agak Coklat sedikit. Angkat
  3. Ambil selembar roti olesi saus tomat, sambal dan mayonaise. Tata daun selada dan sosis goreng. Gulung roti/ lipat sesuai selera. Sajikan.

 

  1. Roti Bakar Madu

    roti bakar madu

Breakfast ala ala western .. Pernah makan di lombok kaya gini. . enaknya roti.trus ditambah dengan lumernya madu yang manis, hmmm enak banget

Bahan

  • 2 Lembar Roti Gandum
  • 1 butir telur ayam
  • 2 SDM madu
  • Lada hitam
  • Garam
  • Daun kemangi (atau parsley)
  • Margarin

Cara membuat Roti Bakar Madu

 

  1. Roti gandum 2 lembar. Potong segitiga, olesi margarin, lalu panggang di teflon (atau toester) setelah kecoklatan dan kering lalu tata di piring
  2. Goreng telur pakai margarin.. Bumbui pake garam dan lada hitam. Setengah matang
  3. Tumis tomat diatas teflon dengan margarin. Bumbui pakai lada hitam
  4. Plating semua dipiring. Lalu siram dengan madu.
  5. Sajikan dengan saus sambal.

 

  1. Roti bakar isi sup jagung dan sayuran

    Roti bakar isi sup jagung dan sayuran

Ini resep unik juga karena soup jagungnya dicampur mix vegetable trus diisikan ke roti kemudian dipanggang. Biasanya soup jagung dan roti disajikan terpisah. Hmmm ini resep memang ngepoin,

Bahan

  • 8 lembar roti tawar siap pakai
  • 1/4 buah bawang bombai
  • 2 lembar smoke beef dan 1 buah sosis ayam
  • 100 gram mix sayuran beku (mix vegetable) siap pakai
  • 1 bungkus sup krim jagung bubuk instan dan 175 ml susu cair uht
  • 1 sdm unsalted butter/ margarine

Cara membuat Roti bakar isi sup jagung dan sayuran

 

  1. Siapkan bahan-bahan. mix vegetable siap pakai (saya pilih fresh wortel, buncis dan paprika potong kecil). Kemudian potong kecil juga bawang bombai, smoke beef dan sosis.
  2. Panaskan butter dalam wajan, tumis bawang bombai sampai harum, masukkan smoke beef, sosis, aduk-aduk, tambahkan sayuran aduk-aduk. Hingga sayuran lunak.
  3. Masukkan bubuk sup jagung dan susu cair, aduk-aduk sampai mengental. Sisihkan. Tes Rasa. Koreksi jika perlu.
  4. Ambil selembar roti, potong tengahnya hingga berlubang. Tumpukkan pada lembar roti lainnya yang masih utuh.
  5. Tuang sup jagung ke dalam lubang roti. Jika suka taburi sisinya dengan keju parut. Letakkan diatas loyang. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 15 menit. Angkat.
  6. Roti tawar isi soup jagung siap dinikmati enak juga dengan cocol saus sambal.

 

Gimana sobat? ayo buruan bikin roti bakar dengan cara membuat roti bakar di atas, sebelum keduluan sama temen sobat,  gak usah khawatir dengan masalah yang ada di atas, asal sobat jangan terlalu lama bakar roti insya allah tidak akan kenapa napa.

oh ya sobat baca juga artikel lain dari kami

resep puding roti tawar, resep variasi cemilan roti tawar, resep membuat roti maryamcara membuat roti canai, cara membuatroti bakar, resep roti brownies