(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat wingko babat yang enak dan tentunya mudah untuk dipraktekkan dirumah ,Simak Penjelasan saya tentang apa itu wingko babat dan Resep membuat wingko babat di bawah berikut, simak dengan seksama ya guys,,

Wingko atau yang kerap disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa.

Kue ini kerap kali dipasarkan di stasiun kereta api, stasiun bus dan uga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga.Wingko pada umumnya berbentuk bundar biasa dan  disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko bisa dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas.

Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue wingko ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menimbulkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini.

Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titikpersimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya. di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Terdapat banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang.Kelapa yang dipakai untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah di wilayah sekitar tempat ini. Pada saat ini wingko merupakan makanan yang terkenal di daerah Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar yang dijual. Banyak Wingko yang dimana saat ini masih memakai nama Tionghoa.

 

5.Fakta Menarik Wingko Babat

Mendengar kata Semarang, yang terlintas sudah pasti kulinernya. Nah, salah satu kuliner favorit para pelancong saat berkunjung ke Kota Atlas ini adalah wingko babat.Yap, camilan yang terbuat dari kelapa ini seakan jadi kuliner wajib buat oleh-oleh dari Semarang. Dengan tekstur  yang manis, wingko babat punya ciri khas rasa kelapa manis yang bikin kamu nggak berhenti menyantapnya.

Wingko babat merupakan teman serasi buat kamu ngeteh maupun ngopi di sore hari. Nggak heran sih, kalau nggak cuma para pelancong, tetapi juga warga lokal Semarang gemar sekali berburu panganan yang satu ini.Tapi, penasaran nggak sih tentang asal usul dari wingko babat? Well, Pegipegi punya 5 hal menarik seputar wingko babat yang harus kamu ketahui. Yuk, disimak!

1.Bukan Dari Semarang

Wingko Babat sudah lama dikenal luas sebagai kuliner khas Semarang. Tapi, sejarah berkata kalau kue kelapa yang satu ini justru berasal dari Babad, Lamongan, Jawa Timur. Adalah warga Babad bernama Loe Lan Hwa dan The Ek Tjong yang pertama kali membawa wingko babat ke Semarang. Mereka memutuskan mengungsi dari Lamongan saat perang pecah di sana. Dengan keahlian membuat kue kelapa, keduanya pun mulai membuka usaha wingko babat mulai 1946 di Semarang. Sejak itu, istilah wingko babat asal Semarang pun tercipta.

2.Jalan Pandanaran

Layaknya bakpia di Yogyakarta, wingko babat menguasai satu daerah khusus di kota Semarang. Kawasan jalan Pandanaran adalah lokasi di mana wingko babat berbagai merek banyak dijual. Biasanya, wingko dijual berdampingan dengan bandeng presto khas Semarang. Jadi, kalau mau beli wingko babat, ke jalan Pandanaran, ya!

3.Evolusi Rasa

Sejak pertama kali tercipta, wingko babat hadir dengan rasa kelapa yang manis dan gurih. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, wingko babat hadir dengan varian rasa yang lebih banyak. Wingko Babat Dyriana jadi salah satu merek wingko babat dengan lima rasa, mulai dari kelapa, durian, nangka, cokelat, serta rasa pisang.

4.Merek Legendaris

Dari sederet merek wingko babat, nama Wingko Babad Kereta api adalah yang paling ngehits. Terdiri dari empat varian rasa, kelapa, nangka, coklat, dan vanilla, wingko babat yang satu ini terkenal dengan kemasan bergambar kereta api. Usut punya usut, ternyata Wingko Babad Kereta Api dulunya hanya dijual di sekitar Stasiun Tawang, Semarang. Dari situlah wingko babat ini menggunakan kereta api di mereknya.

5.Tradisi Seserahan

Jika di Semarang dikenal sebagai oleh-oleh, wingko babat di Lamongan justru beken karena menjadi salah satu bentuk seserahan pada acara pernikahan. Wingko babat merupakan simbol bagi tekat bulat sang pria untuk meminang wanita yang ia cintai.

1.Wingko Teflon

Cara Membuat Wingko

Gak usah pake oven..di teflon juga bisa kok..pas manggang kebanyakan mentega jadi kelihatan berminyak sekali.tapi soal rasa lumayan lahhh..

Bahan :

  • 250 gr tepung ketan
  • 200 gr gula / sesuai selera
  • 1 buah kelapa setengah tua parut
  • 1/2 sd tgaram
  • 1 sdm mentega
  • Air secukupnya/air kelapa

Cara Membuat Wingko Teflon :

  1. Campur tepung,gula,kelapa,garam,mentega,air sampai rata
  2. Ambil sesendok bulatkan dan pipihkan,lalu panggang di teflon yg sudah dioles mentega, balik jika sudah berwarna coklat.
  3. Angkat,sajikan.

2.Wingko Babat

Cara Membuat Wingko

Bahan :

  • 200 ml air
  • 125 gr gula pasir (yg suka manis bs pakai 150gr gulanya)
  • 1/2 sdt garam
  • Sejumput vanili
  • 350 gr kelapa agak muda,kupas kulit arinya,parut memanjang
  • 150 gr tepung ketan putih

Cara Membuat Wingko Babat :

  1. Masak air gula pasir,garam dan vanili di dlam panci dengan api sedang.masak hingga gula larut.
  2. Lalu masukkan kelapa parut,aduk rata,masak hingga mendidih.lalu angkat.
  3. Tunggu hingga hangat kuku,lalu tambahkan tepung ketan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata
  4. Lalu bentuk bulat2 adonan tadi,pipihkan dngan diameter 7cm atau sesuai selera
  5. Masak adonan td diatas wajan dadar anti lengket dengan api sangat kecil hingga matang kecoklatan.jngan lupa dibalik ya,kedua sisi biar sma matang kecoklatan.

 

 3.Wingko Babat Semarang

Cara Membuat Wingko

Saat kita holiday ke kota Semarang, Jawa Tengah jangan sampai lupa untuk membeli makanan khas di sana yaitu Wingko Babat. Kue wingko babat ini termasuk makanan khas Semarang yang dibuat dengan bahan dasar kelapa dan juga tepung ketan yang legit dan manis. kue ini menjadi sesuatu hal yang wajib dibeli saat ke Semarang. Tapi jika anda tidak sempat ke semarang, maka anda bisa mencoba resep kue wingko babat yang akan kami bagikan di sini.

Sejatinya wingko babat adalah makanan yang berasal dari daerah Babat. Ini sesuai dengan namanya. Daerah babat adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Walaupun Babat itu termasuk kota kecil dibandingkan kota semarang, ada banyak perusahaan penghasil kue wingko babat yang menjadi mata pencaharian banyak orang sehingga memiliki peranan penting bagi perekonomian daerah ini.

Cara Membuat Kue Wingko Babat Semarang

Bagi anda semua yang sedang menggali informasi mengenai resep kue Wingko Babat. Kabar baiknya, artikel ini akan memberi info yang saat ini sedang anda butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang caramembuat wingko babat khas Semarang yang pastinya enak dan juga empuk. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Bahan :

  • Tepung ketan ½ kg
  • Gula pasir ½ kg
  • Parutan kelapa ½ kg
  • Telur ayam 3 butir
  • Garam secukupnya
  • Mentega atau santan secukupnya
  • Vanili bubuk secukupnya

Cara Membuat Wingko Babat Semarang

  1. Campurkan gula pasir dan parutan kelapa dengan cara diremas-remas dan dibubuhi garam secukupnya.
  2. Selanjutnya masukkan tepung ketan juga vanili bubuk lalu diaduk kembali sampai merata.
  3. Lalu kocok telur serta tambahkan dalam adonan di atas sambil selalu diaduk sampai merata.
  4. Campurkan santan secukupnya sebagai perekat adonan, tambahkan sesuai selera. Jika tidak suka santan bisa juga diganti dengan mentega yang sudah dicairkan.
  5. Siapkan cetakan yang berbentuk bulat kecil-kecil dan masukkan adonan lalu panggang sampai matang dengan oven. Atau bisa juga dibakar biasa diatas api dengan memakai teflon yang sudah diolesi minyak atau margarin agar tidak lengket.
  6. Jika anda menggunakan teflon untuk cetakan, maka potong-potong terlebih dahulu sebelum nantinya disajikan. Wingko siap disajikan.

Nikmatnya Wingko Babat Semarang

Setelah anda tadi mengetahui bagaimana cara membuat wingko babat yang enak, empuk dan juga manis, sekarang untuk menambah informasi tentang wingko babat ini akan saya berikan untuk anda.Di Semarang sendiri ternyata tterdapat banyak penjual wingko babat yang beraneka merek. namun yang praktis dan kerap kali dikunjungi adalah yang berada di Jl.Pandanaran, Semarang.

Tempat ini merupakan pusatnya bbelanja oleh- oleh yang membuat anda mudah sekali menemukan wingko babat untuk dijadikan sebagai buah tangan.Tahukah anda salah satu wingko babat yang menjadi favorit para pengunjung yaitu adalah wingko babat Dyriana.

Dipasarakan dengan kemasan perdus yang berisi 20 buah wingko babat. Yang masih original yaitu wingko babat rasa kelapa. dan juga, demi menarik minat pembeli di wingko babat Dyriana ini juga tersedia berbagai varian rasa lain. Seperti kue wingko babat beraneka rasa, tak lain seperti rasa nangka, durian, coklat, aren, pisang dan juga coklat chips.

Harga Wingko Babat Dyriana Semarang

Untuk harga dari kue wingko babat yang dijual di Dyrianan ini adalah mulai dari Rp. 46.000 teruntuk wingko babat dengan rasa kelapa sampai dengan harga Rp. 62.000 untuk wingko babat yang rasa durian. jika anda ingin hemat dalam merasakan nikmatnya wingko babat bervariasi rasa, maka anda juga bisa membeli wingko babat satu dus yang isinya campur sebanyak 20 buah wingko dengan harga hanya Rp. 54.000,-.

4.Wingko Singkong

Cara Membuat Wingko

Ada singkong tinggal 1 buah…pengin dibuat sesuatu yang lain…ingat2 dulu pernah bikin wingko singkong..enak rasanya…berhubung lupa resepnya,akhirnya aku modifikasi sendiri..
Alhamdulillah…ternyata suami suka…sampai nambah bekal untuk dijalan…..

Bahan :

  • 350 gram singkong parut
  • 150 gram kelapa muda parut
  • 100 gram tepung ketan
  • 150 gram gula pasir
  • 150 cc air (secukupnya)
  • sedikit garam,sedikit vanili

Cara Membuat Wingko Singkong :

  1. Singkong yg sdh diparut,peras buang airnya sedikit
  2. Tambahkan kelapa parut, tepung ketan,gula pasir tambah air sedikit demi sedikit….sampai adonan lemes,jangan terlalu cair
  3. Panggang pada cetakan kue lumpur. Oven dengan panas api sekitar 200°…api bawah 20 menit,api atas bawah 20 menit
  4. Test tusuk..setlh matang angkat…sajikan..siap dinikmati..

 

5.Wingko Babat Oven

Cara Membuat Wingko

Cemilan favorit ,tiap kepasar pasti beli jajanan ini … Pernah bikin yg pake teflon & kebetulan dapet resep yg dioven ,hasilnya enak pake banget lebih lembut dari yg biasanya

Bahan :

  • 300 gr tepung ketan
  • 230 gr gula pasir
  • 1 btr telur
  • 1 butir kelapa muda parut kasar, kukus 15mnt
  • 100 ml santan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt vanilli
  • Olesan 1btr telur kocok lepas

Cara Membuat Wingko Babat Oven :

  1. Panaskan oven
  2. Diwadah campur telur,gula,kelapa, tepung,garam & vanilli aduk rata
  3. Masukkan santan kental sedkit2 sambil diuleni sampai rata
  4. Masukkan adonan ke dalam loyang yg sdh dialas kertas roti & dioles margarin
  5. Panggang di oven sampai setengah matang,poles dengan telur lalu panggang lagi sampai matang
  6. Setelah matang tunggu dingin baru dipotong2. (Kertas roti bisa dilepas setelah wingko benar2 dingin)
  7. Selamat Mencoba.

 

6.Wingko Babat Lamongan

Cara Membuat Wingko

Kirain bikin wingko tu lama dan ribet… ternyata nggak !

Bahan :

  • 250 gr Kelapa sedang cenderung muda diparut panjang (250 gr itu setara setengah butir kelapa)
  • 120 gr Tepung ketan
  • 100 gr Gula pasir (menurutku terlalu manis, yang gak suka manis kek aku mending dikurangi jadi 80-90 gr)
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Vanili bubuk
  • 1 butir Telur (aku pake stok putih telur 2 butir)
  • 100 ml santan kental (aku : 1 pack santan instan kara kecil 65ml ditambah air hingga menjadi 100 ml)
  • Sedikit minyak untuk mengoles cetakan

Cara Membuat Wingko Babat Lamongan :

  1. Pada wadah masukkan kelapa parut, garam, vanili bubuk, dan gula pasir. Aduklah dan remas-remas dengan menggunakan tangan steril sampai gula larut.
  2. Masukkan tepung ketan. Aduk dan remas kembali sampai rata menjadi satu.
  3. Setelah itu masukkan telur. Aduk merata.
  4. Terakhir tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil di aduk rata (masih dengan tangan), lakukan sampai santan habis.
  5. Seperti ini nanti hasil akhirnya. Adonan siap di panggang
  6. Panaskan cetakan atau teflon dengan api kecil. Aku menggunakan cetakan kue lumpur.
  7. Setelah panas, olesi dengan sedikit minyak.
  8. Beri adonan secukupnya, tidak terlalu tebal juga tidak tipis (sekitar 1 1/2 sdm adonan).
  9. Panggang sambil di bolak-balik agar matang merata dan yang paling penting tidak bau tepung.
  10. Setelah matang, angkat dan sajikan.
  11. Matang sampai ke dalam karena di panggang api kecil dan seringnya di bolak-balik.
  12. 1 resep jadi 10 keping wingko

7.Wingko Rasa Cokelat

Cara Membuat Wingko

Bahan :

  • 14 sdm tepung ketan(resep aslinya 10 sdm)
  • 1/2 butir kelapa kerok kulit arinya parut
  • 3 sdm gula pasir(aslinya 5 sdm)
  • 1 sachet chocolate drink (tambahan dr saya)
  • 2 sdm margarin (aslinya 4 sdm) dilelehkan
  • 1/2 sdt garam
  • Air (bila diperlukan saja). Saya tdk pake krn adonan sdh basah

Cara Membuat Wingko Rasa Cokelat :

  1. Campur tepung ketan, kelapa parut, gula pasir dan garam. Aduk rata. Saya pake tangan nguleninya.
  2. Kemudian tambahkan chocolate drink. Aduk rata kembali.
  3. Terakhir baru masukkan margarin leleh.
  4. Bulatkan dan pipihkan adonan.
  5. Panaskan teflon dng api kecil. Lalu masukkan adonan yg sdh dipipihkan.
  6. Balik ketika sdh kecoklatan.
  7. Angkat dan siap dinikmati.

8.Wingko Babat Chocochip Keju

Cara Membuat Wingko

Bahan :

  • 200 gr tepung ketan
  • 30 gr tepung kanji
  • 170 gr gula halus
  • 250 gr kelapa parut
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gr mentega cair
  • 250 gr santan kental
  • 1 btrtelur kocok
  • isian:
  • chocochip /keju

Cara Membuat Wingko Babat Chocochip Keju :

  1. Tepung campur gula dan kelapa parut serta garam. Aduk rata.
  2. Masukkan mentega, ulen. Tambahkan telur lalu santan
  3. Bagi adonan menjadi dua bagian. Masing masing diberi isian chocochip dan satunya keju parut.
  4. Loyang oles margarin atau minyak dan diberi kertas roti.
  5. Panggang suhu 170 derajat celcius selama 40menit. Olesi telur tambah toping lalu panggpan kembali selama 10menit.

 

9.Wingko Ketan

Cara Membuat Wingko

Bahan :

  • 3 btr telur
  • 400 gr gula pasir
  • vanily bubuk atau cair
  • 200 gr margarin di cairkan
  • 1 butir kelapa muda parut
  • 1 gelas air kelapa muda
  • 500 gr tepung ketan putih
  • secukupnya coklat bubuk

Cara Membuat Wingko Ketan :

  1. Kocok telur, gula dan vanilly hingga kental berjejak
  2. Masukan margarin cair aduk rata dengan spatula
  3. Masukkan kelapa parut dan air kelapa lalu aduk kembali hingga rata
  4. Terakhir tambahkan tepung ketan aduk rata
  5. Bagi adonan menjadi tiga lalu beri coklat bubuk
  6. Tata diatas loyang selang seling, adonan putih, coklat, lalu putih lagi
  7. Tapi sebelumnya loyang sudah dioles carlo
  8. Panggang di oven dengan api sedang hingga matang, kurang lebih 30-50 menit

Nah tadi merpupakan penjelasan dan resep mengenai cara membuat wingko babat yang gurih,enak dan mudah dari artikel kami, semoga dengan membaca artikel kami anda dapat lebih tahu tentang bagaimana cara membuat wingko babat yang baik dan benar, untuk yang ingin tahu lebih tentang cara membuat cupcake kukus special maka anda dapat mengunjungi artikel kami,, see you, semoga bermanfaat