0822-2330-3737

Halo readers, kita berjumpa lagi nih. Kali ini saya akan menjelaskan tentang resep sagu keju yang renyah, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep sagu keju yang menggugah selera ini.

Kalian pasti tidak asing lagi kan dengan kue yang satu ini. Kue sagu atau kue semprit merupakan kue yang sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Kue semprit juga  banyak dijumpai ketika hari raya idul fitri tiba. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas resep sagu keju yang paling mudah dibuat, renyah dan juga tentunya memiliki rasa yang tidak kalah enak dari kue kering lainnya seperti nastar dan kastengel. Selain karena rasanya kue sagu juga terkenal dengan bentuknya yang cantik ketika disajikan didalam toples. Ada banyak macam variasi kue sagu atau semprit ini. Beberapa diantaranya yaitu seperti kue sagu keju, kue sagu pandan keju atau kue sagu susu.

Sejarah Kue Sagu Keju

Kue sagu keju memang tidak sepopuler kue nastar atau kastengel, tetapi kue semprit ini juga menjadi salah satu camilan yang hampir selalu ditemui saat berkunjung ke rumah kerabat pada hari raya idul fitri. Di luar negeri kue ini lebih dikenal dengan nama spritz. Kata ini diambil dari bahasa Jerman yaitu spritzen yang artinya “untuk dimuncratkan”.

Nama ini sesuai dengan proses pembuatannya yang dimuncratkan menjadi bentuk huruf S atau O. Variasi kue ini pun sudah beragam, mulai dari kue semprit susu, cokelat, keju, hingga kue semprit sagu. Dahulu resep kue semprit sagu hanya memiliki rasa original yaitu kue semprit vanilla. Namun karena telah banyak orang yang berkreasi mengembangkan resep kue kering semprit sagu, maka kue semprit kini telah memiliki banyak variasi rasa dengan bentuk yang beraneka macam kreasinya.

Selain bentuknya yang cantik, kue sagu yang berwarna putih ini juga terkenal akan kerenyahan rasanya dan kelembutan tekstur kuenya. Dan membuat kue semprit ini sangat mudah dan menyenangkan. Dibawah ini beberapa resep membuat kue sagu yang mudah renyah dan lembut yang sangat mengasyikkan bila di praktekkan.

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan :

  • Baik untuk gula darah

Dapat menghambat peningkatan kadar gula dalam darah dikarenakan serat dan mineral fosfor yang terdapat pada sagu. Mampu menekan dan mengikat gula di dalam tubuh agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh. Mampu menghambat penumpukan gula dalam darah agar tidak membentuk penggumpalan yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

  • Sebagai prebiotik

Serat yang ada pada sagu mampu bertindak sebagai prebiotik yaitu dapat melindungi kondisi mikro flora usus. Kemudian usus akan terhindar dari bakteri merugikan dan menstabilkan enzim pencernaan agar selalu sehat. Serat yang ada pada sagu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan dapat mempercepat penyembuhan terhadap luka, peradangan pada pencernaan dan infeksi kulit.

  • Sumber kalsium

Kalsium yang ada pada sagu bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan kalsium pada tulang, persendian dan gigi pada orang dewasa maupun lansia. Selain itu ada zat mineral fosfor sekitar 13 mg yang ada pada sagu yang berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang. Sedangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, sagu dapat mempercepat pembentukan, pertumbuhan dan memadatkan kalsium dalam tulang sehingga anak anak cepat tumbuh menjadi tinggi dan sehat.

  • Menurunkan berat badan

Sagu juga memiliki manfaat karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi putih, gandum dan jagung. Walaupun karbohidratnya tinggi tapi kadar gula yang dimiliki sagu sangat sedikit dibandingkan nasi putih. Pada orang yang mengalami obesitas dapat memanfaatkan sagu sebagai makanan pokok sehari hari karena zat mineral fosfor dan serat yang aada didalamnya dapat menekan ras lapar seseorang lebih lama.

resep-sagu-keju

1. Resep Sagu Keju

Bahan Membuat Sagu Keju :

  • 620 gram tepung sagu (bisa menggunkan tepung tapioka atau tepung garut)
  • 5 lembar daun pandan, potong sepanjang 10 cm
  • 20 gram susu bubuk full cream merk apapun
  • 200 gram keju edam parut atau keju cheddar lainnya
  • 200 gram mentega
  • 100 gram margarine Blue Band
  • 270 gram gula bubuk (proses gula pasir dengan blender hingga halus)
  • 1 sdt vanilla ekstrak atau 1/2 sdt vanilla essence atau 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh emplex (Rexa Cookies)
  • 100 ml santan instan (saya pakai Kara)
  • 3 butir kuning telur

Catatan :

Emplex adalah bahan tambahan berjenis emulsifier yang berbentuk bubuk putih dan berfungsi sebagai perenyah kue dan membuat kue dapat disimpan lebih lama.

Cara Membuat Resep Kue Sagu :

  1. Sangrai 300 gram tepung sagu dan 2 lembar daun pandan sampai daun mengering. Gunakan api sedang supaya tidak gosong.
  2. Masukkan 100 gram margarin dan 50 gram mentega butternya. Kocok menggunakan mixer sampai tercampur rata dan berwarna putih. Taruh  pada satu wadah yang ukurannya cukup besar.
  3. Kemudian tambahkan 150 gram Gula halusnya. Mixer lagi sampai tercampur rata.
  4. Tambahkan kuning telur. Mixer roti kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Selanjutnya tambahkan tepung sagu yang sudah disangrai dan tambahkan 100 gram keju parutnya. Campur kedua bahan tersebut sampai rata. Dan taruh pada satu wadah lainnya.
  6. Masukkan campuran di atas ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit dan campur sampai rata. Masukkan 50 ml santan kara, kemudian aduk kembali sampai semua bahan rata.
  7. Masukkan adonan ke dalam plastik contong untuk membentuk adonan kuenya. Bentuk ke dalam loyang sampai semua bahan habis. Jangan lupa loyang sebelumnya sudah di olesi dengan mentega tipis dan tepung supaya tidak lengket.
  8. Panaskan oven sampai mencapai suhu kurang lebih 160 sampai 170 derajat. Panggang ke dalam oven sampai matang.

resep-sagu-keju-tanpa-santan

2. Resep Sagu Keju Tanpa Santan

Bahan Membuat Sagu Keju Tanpa Santan :

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung sagu kurang lebih sebanyak 450 gram saja. Jangan lupa diayak terlebih dahulu supaya benar-benar halus.
  2. Tepung maizena kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  3. Kuning telur ayam kurang lebih sebanyak 2 butir saja.
  4. Putih telur ayam kurang lebih sebanyak 1 butir saja. Jadi yang dibutuhkan 1 telur utuh ditambah bagiang kuningnya saja 1 butir.
  5. Margarin atau bisa juga diganti dengan butter kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja.
  6. Susu bubuk kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja. Merek tergantung selera ya.
  7. Gula pasir bubuk kurang lebih sebanyak 180 gram saja. Jangan terlalu banyak supaya rasanya nanti tidak terlalu manis dan eneg.
  8. Keju chedar kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Parut kecil-kecil agak halus kejunya.
  9. Keju edam atau keju tua kurang lebih sebanyak 50 gram juga. Parut keju edamnya sampai halus juga.
  10. Margarin secukupnya untuk mengolesi loyang alasnya.

Cara Membuat Kue Sagu Keju Tanpa Santan :

  1. Setelah tepung sagunya diayak, sangrai tepung sebentar.
  2. Olesi loyang yang akan digunakan dengan margarin sampai rata supaya adonan tidak menempel pada loyangnya saat dioven dan kemudian sisihkan.
  3. Kemudian siapkan oven dan atur suhunya sampai 160 derajat celcius saja.
  4. Sambil menunggu ovennya panas, campurkan susu bubuk bersama dengan gula halus dan maragarin atau butternya. Kemudian mixer sampai halus.
  5. Tuang 2 kuning telur dan 1 putih telur kemudian mixer lagi sampai rata.
  6. Tuang parutan keju chedar dan edam kedalam wadah adonan diatas dan aduk sampai rata. Tidak perlu dimixer, cukup diaduk menggunakan pengaduk biasa atau spatula saja.
  7. Masukkan tepung sagu yang sudah disangrai sebelumnya kedalam wadah yang terdapat adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Pastikan benar-benar rata dan tidak terjadi gumpalan-gumpalan kecil adonan tepungnya.
  8. Siapkan piping bag dan pilih spuit ukuran besar.
  9. Tuang adonan tersebut kedalam piping bagnya atau alat pembentuk adonan. Kemudian tekan dan bentuk diatas loyang tadi. Ulangi sampai semua adonan habis.
  10. Setelah suhu oven mencapai 160 derajat celcius, masukkan loyang tadi kedalamnya.
  11. Kemudian masak sampai matang atau kurang lebih butuh waktu selama 20 menit.
  12. Setelah matang keluarkan dan dinginkan sebentar sebelum dimasukkan kedalam toples kedap udara.

resep-sagu-pandan

3. Resep Sagu Pandan

Bahan Membuat Sagu Pandan :

  • Tepung sagu 300 gram (setelah disangrai)
  • Campuran Margarin & Mentega 150 gram
  • Gula halus 125 gram, bisa disesuaikan dengan selera
  • Kuning telur 2 butir
  • Santan kental instan 85 mili liter
  • Pasta pandan 1 sendok teh, bisa disesuaikan dengan selera
  • Daun pandan 2 lembar, ikat simpul

Cara Membuat Sagu Pandan :

  1. Pertama sangrai tepung sagu dan daun pandan hingga tepung berasa ringan dengan menggunakan api kecil. Kemudian buang daun pandan, lalu dinginkan sampai uap hilang.
  2. Selanjutnya Kocok campuran margarin dan mentega, dengan gula halus sekitar 3 menit saja menggunakan mixer roti. Sebentar saja ya, jangan terlalu lama.
  3. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu, kocok sebentar lalu masukkan santan dan pasta pandan sebanyak 1 sendok teh, kocok lagi dengan mixer hingga rata.
  4. Tuang tepung sagu yang telah disangrai kedalam wadah sedikit demi sedikit aduk hingga merata dengan spatula.
  5. Langkah berikutnya masukkan adonan sagu pandan  kedalam plastik segitiga yang telah diberi spuit dibagian ujungnya.
  6. Beri alas kertas baking pada loyang, lalu semprotkan adonan satu persatu hingga loyang berisi penuh. Jangan lupa beri jarak secukupnya. Lakukan terus sampai semua adonan habis.
  7. Masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 150°C selama 20-25 menit (sesuaikan oven masing-masing).
  8. Angkat kue lalu diamkan hingga kue tidak terasa panas lagi, kemudian susun atau simpan kedalam toples kedap udara.
  9. Resep kue kering sagu pandan siap untuk dihidangkan.

resep sagu coklat

4. Resep Sagu Coklat

Bahan Membuat Sagu Coklat:

  • 2 sendok makan mentega tawar
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan gula palem
  • Sendok makan telur kocok
  • ¼ sendok teh ekstrak vanili
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • ¼ sendok teh soda kue
  • Coklat blok yang sudah dicincang sesuai selera

Cara Membuat Sagu Coklat :

  1. Siapkan wadah untuk adonan. Pisahkan bahan kering dengan bahan basah.
  2. Langkah selanjutnya adalah campurkan tepung terigu, soda kue, dan coklat bubuk. Aduk adonan tersebut hingga membuat adonan sampai betul-betul merata.
  3. Khusus di mangkuk besar, masukkan gula palem, gula pasir, dan juga mentega tawar. Aduk hingga rata dengan spatula atau sendok.
  4. Kemudian masukkan telur kocok lepas menggunakan sendok sesuai ukuran yang ada di resep. Masukkan pula ekstrak vanili. Aduk hingga tekstur dan warnanya creamy.
  5. Setelah itu, tambahkan campuran bahan kering di poin kedua tadi. Aduk hingga rata. Masukkan coklat cincang. Aduk kembali.
  6. Ambil bagian dari adonan itu dengan sendok teh. Taruh di atas loyang yang sudah diberi margarin. Taruh semua adonan secara bergantian hingga betul-betul habis.
  7. Panaskan oven sekiranya 160 derajat Celsius. Kemudian masukkan adonan kue kering coklat ke dalam oven kira-kira 30 menit. Cara mengatur apinya kecil saja biar tidak membuat dasar kue gosong.
  8. Angkat kue coklat kalau sudah matang. Dari luarnya memang kering. Tapi setelah dimakan akan terasa kelembutan di dalamnya seperti biskuit.

resep sagu chocochips

5. Resep Sagu Chocochips

Bahan Membuat Sagu Chocochips :

  • 225 gram terigu protein sedang atau protein rendah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking soda (aku tidak pakai)
  • 127 gram butter unsalted
  • 1/4 cup minyak sayur
  • 150 gram gula halus
  • 44 gram gula palem (atau brown sugar jika ada)
  • 1 sdt vanilla extract (kalau tidak punya yang extract, tidak usah diganti apa-apa)
  • 1 sdt air
  • 2 telur ayam utuh
  • 1 1/2 cup choco chips
  • 250 gram kacang sesuai selera (mede, almond, hazelnut, atau lainnya – pastikan sudah memanggang kacang sebelum digunakan dan cincang kasar)

Cara Membuat Sagu Chocochips :

  1. Campurkan mentega, gula halus, coklat bubuk, telur, dan vanilla. Kocok menggunakan mixer roti hingga merata.
  2. Masukkan terigu sambil diayak menggunakan saringan halus, aduk dengan spatula hingga merata.
  3. Masukkan chocochips, aduk rata kembali.
  4. Panaskan oven, sisihkan.
  5. Siapkan loyang, oles tipis dengan margarin.
  6. Ambil 1 sdt adonan dan taruh ke atas loyang. Pipihkan menggunakan garpu atau ujung jari tangan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  7. Taburi chocochips di atas tiap cookies.
  8. Panggang kue dalam oven dengan suhu 170°C selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  9. Siap disajikan atau bisa disimpan dalam toples kedap udara setelah kue dingin.
  10. Pastikan mentega yang digunakan tidak bersuhu dingin atau telah dikeluarkan beberapa saat dalam suhu ruang, sebelum dikocok bersama bahan-bahan lain.

resep sagu greentea

6. Resep Sagu Greentea

BahanMembuat Sagu Greentea :

  • 2 kuning telur
  • 250 gram gula halus
  • 200 gram mentega
  • 75 gram margarin
  • 100 ml susu cair
  • 400 gram tepung sagu
  • 40 gram greentea powder

Cara Membuat Sagu Greentea :

  1. Campur tepung sagu dan greentea powder, aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Di wadah yang berbeda, masukkan dan kocok bahan-bahan seperti gula halus, margarin dan mentega.
  3. Masukkan pula kuning telur dan susu cair, kocok kembali sampai semua bahannya tercampur.
  4. Selanjutnya, masukkan campuran tepung sagu dan greentea powder ke dalam adonan secara bertahap dan aduk menggunakan spatula.
  5. Pindahkan adonan ke dalam piping bag yang ujungnya sudah diberi spuit bintang, kemudian cetak adonan di atas loyang beralaskan kertas kue.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat selamat kurang lebih 20 menit.
  7. Angkat dan biarkan dingin, lalu masukkan dalam toples.

Ada beberapa tips yang perlu kalian terapkan nih guys!

  1. Ayak terlebih dahulu bahan-bahan seperti tepung sagu dan gula halus agar tidak menggumpal.
  2. Sebelum digunakan, masukkan terlebih dahulu mentega dan margarin ke dalam kulkas.
  3. Sangrai tepung sagu, hal ini bertujuan agar kadar air dalam tepung sagu bisa berkurang sehingga hasil kue akan sempurna.
  4. Sebaiknya jangan menggunakan mixer, kocok saja bahan secara manual agar adonan tidak terlampau lembut dan mudah dicetak.

Kandungan Gizi Pada Sagu :

  • Karbohidrat 94 gr Memiliki sekitar 355 kalori/100 gr
  • Protein 0,2 gr
  • Serat 0,5 gr
  • Kalsium 10 mg
  • Zat Besi 1,2 mg

Terdapat kandungan lemak, karoten dan asam karbonatnya dalam jumlah kecil. Jadi jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi sagu jika dikonsumsi sebagai makanan  pengganti nasi putih. Dan kemudian dimakan bersama beberapa jenis ikan yang berprotein tinggi.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan resep sagu keju ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep sagu keju sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel resep membuat kue macaron untuk mendapat referensi camilan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

× Whatsapp Kami!