(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

 Resep Variasi Cemilan Roti Tawar

Pasti anda bosen kalau setiap hari makan roti tawar hanya dikasih selai atau meses saja. Tapi kali ini saya akan memberikan beberapa Resep Variasi Cemilan Roti Tawar yang bisa makanan menjadi unik, lezat dan tidak membosankan untuk dimakan setiap hari. Roti tawar adalah makanan yang mengandung serat dan mengeyangkan untuk kita makan

Kandungan roti tawar:

Didalam satu lapis roti tawar memiliki banyak kandungan seperti :

  • Karbohidrat yang berfungsi sebagai penambah energi dengan total sekitar 3 persen
  • Lemak di dalam roti tawar juga ada sekitar 0.2 persen.
  • Protein 7 gram di dalam roti tawar.

Itulah beberapa kandungan roti tawar, juga mengandung vitamin yang dapat menutrisi tubuh dari dalam. Selain itu roti tawar juga memiliki kaya manfaat, diantaranya:

  1. Sebagai penambah energi
  2. Mengandung serat
  3. Baik untuk tulang
  4. Diet
  5. Mencukupi vitamin dalam tubuh
  6. Mengawetkan kue

 

Roti tawar juga bisa untuk mengganjal perut hingga kenyang saat siang hari. Resep Variasi Cemilan  Roti Tawar ini sudah banyak disajikan di restoran-restoran yang biasanya dijadikan tempat untuk nongkrong anak-anak muda karena roti tawar yang di sajikan bentuknya bermacam macam jenis dan unik. Pasti sudah tidak sabar ya untuk membuat Resep Variasi Cemilan Roti Tawar.

Berikut ini beberapa Resep Variasi Cemilan Roti Tawar yang patut anda coba. Oke kalau gitu kita langsung saja ke cara pembuatannya

1.Resep Zuppa Sup roti tawar

resep variasi cemilan roti tawar zuppa sop

Pasti disini pernah makan  Zuppa sup. Anda bisa buat buat sendiri makanan ini  dirumah tanpa harus membeli di luar. Karena pembuatanya simpel banget,

Bahan

  1. Gula dan garam
  2. Bawang putih 1 siung
  3. Bawang   bombay 1/2 sing
  4. Merica bubuk 1/2 sdt
  5. Oregano 2 sdt
  6. Tepung terigu 5 sdm
  7. Sosis, daging ayam atau daging sapi tanpa tulang ya…
  8. Roti tawar
  9. Mentega
  10. Telur 2 btr

Bahan Cream Sup

  1. Susu tawar 1 liter
  2.  Tepung terigu 5 sdm
  3. daging ayam tanpa tulang atau lebih mudahnya pakai sosis
  4. Bubuk oregano
  5. Bawang bombai
  6. Mricak bubuk 1/2 sdt
  7. Gula dan garam
  8. Bahan kulit
  9. Roti tawar 6 lembar
  10. telur 2 btr jangan lupa di kocok biar menyatu
  11. mentega untuk olesan

Cara Membuat Cream Sup

  • cincang bawang bombai dan bawang putih
  • tumis dengan sedikit minyak sayur, kalau sudah layur masukkan dada ayam dan masak sampai matang. Masukkan terigu aduk cepat, masukkan susu cari, aduk lagi sampai rata dan matang semua
  • Masukkan bubuk oregano, merica, garam, gula. Angkat jika sudah mendidih
  • Tuang cream, sup ke mangkok kecil
  • olesi roti tawar dengan mentega beri olesan telur di atasnya
  • tutup mangkok berisi cream dengan roti panggang.
  • Sajikan dalam keadaan hangat

2. Resep Sandwich Tuna Panggang

resep variasi cemilan roti tawar sandwich tuna panggang

Roti tawar bisa dijadikan Resep Variasi Cemilan Roti Tawar yang dimana roti tawar di padukan dengan daging ikan tuna, saus yang pastinya kalau dimakan bisa menggugah selara makan.

Bahan

  1. Roti Tawar 10 lembar, di panggang sampai kecoklatan
  2. Telur rresbus iris bulat tipis
  3. Daging ikan tuna
  4. Keju
  5. Daun selada
  6. Tomat
  7. Saos secupknya
  8. Saos mayones
  9. bawang bombay yang sudah di cincang
  10. margarin 1/2 sdm

Cara Membuat Sandwich Tuna panggang

  1. Tumis bawang bombay yang sudah dicincang, masukkan tuna, saus sambal dan tomak. Masak sambil diaduk pelan sampai matang. Terakhir tambahkan mayonaise aduk rata dan sisihkan.
  2. Ambil roti tawar yang sudah dipanggang. Beri tumisan tadi. Beri potongan telur dan lembaran keju. Tutup atau dobeli dengan roti.
  3. Sandwich panggang tuna bahan roti tawar siap disantap

 

3.Roti Tawar Isi Pisang keju

resep variasi cemilan roti tawar isi pisang keju

Roti ini bisa dijadikan hidangan saat hujan dan bersantai

Bahan

  1. Roti tawar 6 lmbr.
  2. Keju
  3. madu 2 sachet
  4. 2 sachet susu
  5. Pisang satu sisir
  6. Mentega

Cara Membuat Roti Isi Pisang

  1. Pipihkan dua roti tawar dengan gelas atau apa saja.
  2. Iris satu potong pisang menjadi kecil-kecil, lalu goreng setengah matang.
  3. Iris keju menjadi kotak-kotak.
  4. Lipat roti tawar menjadi dua dan masukkan pisang dan keju ke dalamnya, lalu tekan-tekan ujungnya hingga membentuk seperti bantal.
  5. Setelah itu goreng hingga kecokelatan
  6. kasih madu dan susu
  7. Sajikan hangat dengan lelehan susu atau madu.

 

4.Resep Roti Tawar Gulung Sosis Keju

resep variasi cemilan rotii tawar gulung isi sosis keju

roti tawar di goreng jadi satu dengan sosis dan keju enak juga loo gays.

Bahan

  1.  roti tawar 5 lembar
  2.  sosis yang sudah di masak 5 batang
  3. keju secukupnya
  4. 3  butir telur ayam
  5. 1 sdm terigu
  6. Minyak goreng
  7. Tepung Roti

Cara Membuat Roti Tawar Gulung Sosis Keju

  1. lembar roti tawar diberi keju, sosis 1 potong, dan gulung  menjadi bulat. biar tidak lepas gulungannya pakai tusuk gigi untuk memperkuat
  2. Masukan roti ke adonan tepung dan telur kocok
  3. Ratakan roti dengan adonan
  4. Panaskan minyak, dan goreng roti hingga matang dan kecoklatan
  5. Roti Tawar gulung siap di hidangkan

 

5. Puding Roti Tawar

resep variasiu cemilan roti tawar dibuat pudding

Puding roti tawar adalah makan yang sering kita jumpai. karena rasa yang lembut dan enak

Bahan

  1. 1  bks Agar-agar plain
  2. 1/2  sdm Nutrijel Plain (Optional)
  3. 3  lbr Roti Tawar Kupas Disobek sobek
  4. 300 ml Susu UHT
  5. 400 ml air
  6. 135  gr gula pasir
  7. 1 sdt vanilla bubuk
  8. 2 sdm coklat bubuk, dilarutkan dengan air hangat hingga kental
  9. sedikit garam

Cara Membuat Puding Roti Tawar

  1. Haluskan roti tawar bersama susu cair dan air hingga lembut dan halus dengan menggunakan blender atau mixer roti.
  2. Tuang ke dalam panci lalu tambahkan agar agar, nutrijel, gula pasir dan sedikit garam.
  3. Masak sambil diaduk aduk hingga meletup dan mengental, matikan apinya.
  4. Ambil kira kira 2 Sendok Sayur adonan puding, campurkan dengan bubuk coklat yang sudah dikentalkan, lalu aduk rata dan cepat hingga tercampur rata.
  5. Siapkan cetakan yang sudah dibasahi dengan air, tuang adonan putih kemudian dituang adonan coklat secara acak, diaduk perlahan dengan sumpit supaya terbentuk marmernya, setelah agak dingin baru simpan dalam lemari es, nikmat saat disajikan saat dingin.

 

6.Roti Tawar telur

resep variasi cemilan roti tawar isi telur

Enaknya sarapan pagi dengan roti isi telur yang membikin tubuh cepat kenyang dan kaya akan nutrisi yang di berikan oleh telur dan roti tawar

Bahan

  1. Roti tawar 5 lembar
  2. 3 butir telur
  3. mentega
  4. Sosis
  5. saos mayones atau saous sambal

Cara membuat Roti Tawar Isi Telur

  1. Lubangi bagian tengah roti tawar.
  2. Iris satu sosis menjadi kotak-kotak kecil.
  3. Panaskan mentega di wajan.
  4. Letakkan roti tawar yang telah dilubangi, lalu masukkan telur mentah ke dalam lingkaran itu.
  5. Taburi sosis di atasnya.
  6. Tunggu sampai roti kecokelatan, sajikan dengan saus.

 

7.Roti Bakar Rasa Coklat

 

rewsep variasi cemilan roti tawar bakar isi coklat

 

Saat dingin enaknyak makan yang hangat hangat, tidak usah khawatir cukup buat aja roti bakar rasa coklat

Bahan

  1. 6 lembar roti
  2. susu coklat atau meses coklat
  3. mentega
  4. coklat batangan

Cara membuat Roti Bakar Coklat

  1. Olesi dua potong roti tawar dengan mentega dan susu cokelat.
  2. Panggang selama 5 menit .
  3. kasih parutan coklat batangan setelah matang
  4. Siap disantap dengan segelas susu.

 

8.Prol Roti Tawar Kukus

ressep variasi cemilan roti tawar di buart prol roti tawar

Tidak hanya kentang dan tape saja yang bisa dijadikan makanan prol. tapi roti tawar bisa dijadikan Resep Variasi Cemilan Roti Tawar makan Prol yang nikmat.

Bahan

  1. 4 butir telur
  2. 300 gram gula pasir
  3. 300 gram mentega cair
  4. 2 sdm tepung terigu
  5. 10 lembar roti tawar tanpa kulit

Cara Membuat Prol Roti Tawar

  1. Roti tawar disuwir – suwir, kemudian campur dengan sebagian mentega cair, hancurkan roti tawar sampai lembut, sisishkan
  2. Kocok telur dan gula sampai mengembang
  3. Setelah mengembang masukkan tepung terigu, aduk rata
  4. Masukkan roti tawar yang sudah tercampur dengan mentega, aduk rata
  5. Tambahkan sisa mentega cair dan aduk rata
  6. Tuang ke dalam cetakan, kemudian kukus kurleb 30 menit. Angkat dari kukusan dinginkan
  7. Prol Kukus Roti Tawar siap disajikan

9.Pizza Roti Tawar

Resep Variasi Cemilan Roti Tawar Pizza

Eiiissst pasti kalian pada belum tahu ya kalo roti tawar bisa di jadikan sebagai pizza.

Bahan

  1. 4 lembar roti tawar
  2. 4 potong sosis sapi/ayam
  3. 1 buah bawang bombay, iris memanjang
  4. Keju batangan secukupnya
  5. Siapkan saus barbeque dan saus tomat untuk olesan

 

Cara membuat Pizza Roti Tawar                      

  1. Olesi saus di roti tawar dengan saus barbeque dan saus tomat
  2. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga layu lalu taburkan ke atas roti tawar
  3. Tambahkan potongan sosis dan irisan keju
  4. Panggang sebentar hingga keju meleleh
  5. Sajikan dengan saus sambal agar rasanya makin lezat

10.Pizza Roti Tawar Saus Barbeque

REsep Variasi Cemilan Roti Tawar Pizza Saus Barbeque

Udah mulai bingung mau makan roti tawar model gimana lagi ? masih banyak cara biar kamu gak bosen makan roti tawar. Nih aku kasih tau caranya bikin Pizza berbahan dasar Roti Tawar. karena Resep Variasi Cemilan Roti Tawar ini sangat mudah udah dibuat dirumah

Bahan

  1. 8-10 lbr roti tawar
  2. 1/2 sdt fermipan
  3. 50 ml susu cair
  4. secukupnya dada ayam rebus dicacah
  5. 1 bh tomat diiris halus dadu
  6. 1 pcs sosis sapi
  7. 4 sdm saus barbeque
  8. 1 siung bawang putih
  9. 1 sdm kecap
  10. secukupnya keju cheddar parut
  11. 1 sdm minyak sayur

Cara Membuat Pizza Roti Tawar Saus Barbeque

  1. Kulit pizza: roti tawar dihaluskan dengan dicampur susu dan minyak sayur 1 sdm. Kemudian masukkan fermipan. Diuleni dan dibiarkan 30 menit dengan ditutup kain basah.
  2. Topping: optional.. Dan aku bikin dengan menumis bawang putih yang telah diiris halus, kemudian masukkan cacahan ayam, tomat yang di iris halus dadu, saus barbeque dan kecap. Tambahkan gula dan garam. Angkat.
  3. Adonan kulit dicetak dalam teflon yang telah diolesi mentega. Diratakan hingga tepi. Ditusuk-tusuk dengan garpu. Kemudian panaskan di atas kompor dengan api kecil. Jangan lupa tutup teflon agar merata panasnya selama 5 menit.
  4. Setelah itu oleskan topping di atasnya. Hiasi dengan sosis dan parutan keju.
  5. Tutup kembali dan panaskan selama 5-10 menit.
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat. Bisa ditambahkan saos sambal bila suka.

 

11.Lumpur Roti Tawar

Resep Variasi Cemilan Roti Tawar Lumpur

Suka kue lumpur? Cobalah Resep Variasi Cemilan Roti Tawar yang satu ini. Kue lumpur yang berbahan dasar roti tawar dan dikombinasikan dengan santan, kismis dan kelapa muda serta bahan lainnya membuatnya memiliki rasa yang enak. Semua pasti suka.

Bahan

Bahan-bahan dan bumbu-bumbu dalam resep Lumpur Roti Tawar diatas adalah sebagai berikut :

  1. 50 gram margarin
  2. 150 ml air
  3. 100 gram tepung terigu protein sedang
  4. 1/8 sendok teh esens vanili
  5. 75 gram gula pasir
  6. 1/4 sendok teh garam
  7. 4 butir telur
  8. 6 lembar (154 gram) roti tawar, dibuang kulitnya
  9. 375 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  10. 50 gram kismis, dipotong-potong
  11. 50 gram kelapa muda, dikeruk panjang

Cara Membuat Lumpur Roti Tawar

  1. Panaskan margarin dan air sambil diaduk sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu, esens vanili, gula pasir, dan garam. Aduk sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
  3. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata.
  4. Blender santan dan roti tawar sampai lembut. Masukkan sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil dikocok rata.
  5. Tuang adonan di cetakan lumpur yang sudah dipanaskan. Biarkan sampai setengah mengembang.
  6. Tabur kismis dan kelapa muda. Tutup. Biarkan sampai matang.
  7. Untuk 10 buah

 

12.Kue Brownis Roti Tawar

Resep Variasi Cemilan Roti Tawar Bronies

hay gays brownis roti tawar ini didak kalah enaknya dengan brownis yang dijual ditoko-toko besar loo

Bahan

  1. 75 gram margarin
  2. 175 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
  3. 50 gram roti tawar tanpa kulit, dipotong – potong
  4. 3 butir telur
  5. 225 gram gula pasir
  6. 100 gram tepung terigu protein sedang
  7. 20 gram cokelat bubuk
  8. 1/2 sendok teh baking powder
  9. 50 gram kacang tanah, dicincang kasar

Cara Membuat Kue Brownis Roti Tawar

  1. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Lelehkan margarin. Masukkan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Tambahkan potongan roti tawar. Blender sampai halus. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula sampai kental. Masukkan campuran cokelat. Kocok rata.
  3. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
  4. Tambahkan sebagian kacang tanah. Aduk rata.
  5. Tuang ke dalam loyang ukuran 10x30x4cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan sisa kacang.
  6. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
  7. Untuk 16 potong

 

13.Kue Limpang-limpung Roti Tawar

Resep Variasi Cemilan Roti Tawar Limpang-Limpung

Bahan

  1. 150 gram tepung terigu
  2. 25 gram tepung beras
  3. 1 sendok makan tepung sagu
  4. 2 butir telur
  5. 3 lembar roti tawar tebal, dibuang kulitnya, dipotong kotak
  6. 3 buah pisang raja, dipotong kotak
  7. 5 buah nangka, dipotong panjang
  8. 25 gram gula tepung
  9. 1/2 sendok teh garam
  10. 350 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  11. Minyak untuk menggoreng
  12. Saus gula merah:
  13. 100 gram gula merah sisir
  14. 2 lembar daun pandan
  15. 1/4 sendok teh garam
  16. 150 ml air
  17. 1/2 sendok makan tepung maizena dan 1/2 sendok makan air, dilarutkan

Cara Membuat Kue Limpang-limpung Roti Tawar

  1. Aduk rata tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, telur, roti tawar, pisang raja, nangka, gula tepung, garam, dan santan.
  2. Sendokkan ke minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang. Goreng sampai matang.
  3. Saus gula merah: rebus gula merah, daun pandan, garam, dan air sampai didih dan larut. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sambil diaduk sampai kental.
  4. Sajikan limpang limpung dengan saus gula merah.
  5. Untuk 15 buah

 

14. Kue Talam Roti Tawar

Resep variasi Cemilan Roti Tawar Talam

Bahan

  1. 4 lembar roti tawar, dibuang kulitnya, disobek-sobek
  2. 250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  3. 2 buah (150 gram) pisang ambon, dihaluskan
  4. 75 gram tepung sagu
  5. 25 gram tepung beras
  6. 100 gram gula pasir
  7. 1/4 sendok teh garam
  8. daun pisang untuk contong

Cara Membuat Kue Talam Roti Tawar

  1. Rendam roti tawar dan santan sampai lembut. Tambahkan pisang. Aduk rata.
  2. Masukkan tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan garam. Aduk rata.
  3. Tuang adonan di dalam contong yang diberdirikan diatas ampas kelapa.
  4. Kukus 30 menit sampai matang.
  5. Untuk 12 buah

15. Klapertart Roti Tawar

Resep Variasi Cemilan Roti Tawar Klapertart

Bahan

  1. 8 lembar roti tawar, dipotong 3 1/2 x 7 cm setinggi loyang
  2. 350 ml susu cair
  3. 2 butir telur
  4. 50 gram gula pasir
  5. 100 gram kelapa muda, dikerok lebar
  6. 1/4 sendok teh garam
  7. 25 gram roti tawar, dipotong-potong

Cara Membuat Klapertart Roti Tawar

  1. Celupkan potongan roti tawar ke dalam 100 ml susu cair (asal basah).
  2. Susun sebagian roti di dasar dan sisi mangkuk tahan panas putih diameter 18 cm, tinggi 6 cm yang dioles margarin. Sisihkan.
  3. Kocok lepas telur dan gula pasir sampai gula hancur. Tambahkan susu sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  4. Tambahkan kelapa, garam, kismis, dan esen vanila. Aduk rata.
  5. Tuang ke dalam mangkuk yang sudah beralas roti. Tutup lagi dengan roti tawar.
  6. Letakkan pinggan berisi adonan di dalam loyang berisi air. Oven 80 menit dengan suhu 160 derajat Celsius sambil direndam.
  7. Sajikan setelah dikeluarkan dari mangkuk tahan panas.
  8. untuk 5 porsi

 

Gimana? setelah melihat cara pembuata Resep Variasi Cemilan Roti Tawar diatas mudahkan. Ayo segera bikin resep di atas dirumah , jangan khawatir meski anda tidak pandai masak pasti anda bisa karena Resep Variasi Cemilan Roti Tawar sangat mudah untuk di masak.

 

baca juga ya artyikel lainya

resep puding roti tawar, resep variasi cemilan roti tawar, resep membuat roti maryamcara membuat roti canai, cara membuatroti bakar, resep roti brownies